09:21:29 WIB Dibaca: 236 kali

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Membatasi aktivitas selama pandemi menjadi bentuk adaptasi baru untuk mengurangi paparan Covid-19.

Untuk itu tim pengabdian masyarakat Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya membuat aplikasi Resilience in New Normal (RiNN) untuk membantu masyarakat dalam beradaptasi di masa pandemi. Mereka yaitu Yusrida Muflihah MKom, Isrida Yul Arifiana MPsi Psikolog beserta dua mahasiswa Untag Surabaya Ade Prasetyo dan Zamhari. Isrida Yul Arifiana, Psikolog Untag Surabaya mengungkapkan aplikasi ini dibutuhkan sebagai reminder bagi masyarakat untuk peduli protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. "Aplikasi bisa membantu agar resiliensi atau kemampuan untuk beradaptasi menjadi hal yang penting untuk menghadapi serta merespon secara positif berbagai kondisi tidak menyenangkan terjadi saat pandemi Covid-19,"tegasnya. Ketua Tim Abdimas Untag Surabaya, Yusrida Muflihah mengungkapkan kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengembangkan aplikasi RiNN dilakukan untuk meningkatkan resiliensi warga Kota Surabaya. "Aplikasi RiNN juga dirancang agar warga masyarakat memiliki “diary activity” lewat menu catatan kontak," paparnya. Dari salah satu menu tersebut akan membantu dalam proses telusur riwayat kontak erat yang dilakukan oleh masyarakat, apabila yang bersangkutan dinyatakan positivlf Covid-19. Untuk melihat tanggapan masyarakat secara langsung, tim abdimas Untag Surabaya melakukan sosialisasi pada warga di wilayah Ngagel, dari hasil sosialisasi serta uji coba aplikasi. Warga Ngagel, Suryo mengungkapkan aplikasi ini bermanfaat untuk pencatatan aktivitas harian dan membantunya mengingat apa saja perlengkapan yang dibawa saat saya berkegiatan di luar rumah. "Ada riwayat aktivitas saya apa, jadi misal saya nanti sakit, saya bisa tahu sebelumnya ketemu siapa saja,"paparnya saat kegiatan uji coba Aplikasi RiNN. Rencananya, tim Abdimas Untag Surabaya akan meluncurkan aplikasi RiNN pada pertengahan bulan Desember, sehingga nantinya dapat digunakan oleh masyarakat secara luas. Dengan adanya aplikasi berbasis android diharapkan dapat membentuk ketangguhan masyarakat untuk menjalani adaptasi kebiasaan baru.



Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Aplikasi RiNN Buatan Dosen Untag Bantu Tracking Aktivitas Selama Pandemi Covid-19, https://surabaya.tribunnews.com/2020/12/08/aplikasi-rinn-buatan-dosen-untag-bantu-tracking-aktivitas-selama-pandemi-covid-19.
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Titis Jati Permata

Sumber : aplikasi rinn


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya E-Jurnal Untag Surabaya