09:48:51 WIB Dibaca: 12 kali

SURYA.co.id | SURABAYA -  Pandemi Covid-19 memberi perubahan pada pendidikan khususnya proses pembelajaran. Selain kegiatan belajar mengajar yang dialihkan menjadi online, kegiatan seperti KKN (Kuliah Kerja Nyata) tetap harus dilakukan mahasiswa sebagai syarat kelulusan dengan berbagai penyesuaian. Seperti dilakukan Linda Mirana dalam melaksanakan KKN secara mandiri dengan melakukan program pengabdian masyarakat.  Ia melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Bertempat di Dusun Sawen Desa Tanjung RT. 06 RW. 06 Gresik, mahasiswi program Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ini melakukan KKN selama 12 hari dengan didampingi Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Drs Achmad Maqsudi M Si Ak. "Setelah saya melakukan penelitian selama dua minggu, ternyata ada banyak anak-anak di Dusun Sawen RT 06 yang masih menempuh pendidikan PAUD, TK dan SD," kata Linda kepada SURYA.co.id, Senin (4/1/2021).

Linda kemudian memfokuskan untuk memberikan pendampingan belajar dari mulai pendidikan formal, nonformal, dan pelatihan kreatifitas pelajar dilingkup RT 06 tersebut. "Saya ingin mereka (pelajar PAUD, TK, dan SD) dapat lebih mengerti materi-materi pembelajaran yang belum dimengerti saat kelas online, sedangkan pembelajaran non formal bertujuan agar peserta didik dapat lebih kreatif mengembangkan bakat-bakat yang belum diajarkan di sekolah maupun lingkup kehidupan sekitar," ungkapnya. Pembelajaran Linda lakukan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan hand sanitizer pada setiap pelajar untuk menghindari penyebaran virus Corona atau Covid-19.



Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Mahasiswa KKN Untag Surabaya Manfaatkan Rumah Warga untuk Ruang Belajar, https://surabaya.tribunnews.com/2021/01/04/mahasiswa-kkn-untag-surabaya-manfaatkan-rumah-warga-untuk-ruang-belajar.
Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin

Sumber : mahasiswa untag surabaya

 


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya E-Jurnal Untag Surabaya