09:35:06 WIB Dibaca: 19 kali

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi mahasiswa. Seiring program Kampus Merdeka yang ditetapkan oleh Kemendikbud RI, Untag Surabaya menjalin kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Timur. Selasa, (29/12) Rektor Untag Surabaya melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) secara daring bersama dengan Ketua Umum KADIN Jawa Timur. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan, Ketua Program Studi dan kepala unit di lingkungan Kampus Merah Putih.

Dalam sambutannya, Rektor Untag Surabaya-Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA, CPA. mengatakan, “Kerjasama ini memang kami harapkan. Dengan kebijakan Kampus Merdeka, kami menjalin kerjasama dengan banyak institusi.” Menurut Nugroho, pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan pada implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Apalagi dengan kebijakan Kampus Merdeka, mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan  di prodi lain, di kampus berbeda maupun di industri untuk magang. Karena itu kami terus melebarkan sayap untuk kerjasama.”

Ketua Umum KADIN Jawa Timur-Adik Dwi Putranto, S.H. yang hadir untuk menandatangani MoU, mengapresiasi kerjasama yang dijalin dengan Kampus Merah Putih. “Sama seperti Untag Surabaya, kami juga terus berupaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia kompeten. Kami memiliki pelatihan maupun sertifikasi untuk mahasiswa,” katanya. Pria yang akrab disapa Dwi ini menegaskan bahwa KADIN Jawa Timur dan KADIN Institute siap untuk mengiringi langkah Untag Surabaya dalam meningkatkan kompetensi para mahasiswa agar bisa berkontribusi bagi Indonesia.

Senada dengan Dwi, Direktur Kadin Institute-Nurul Indah Susanti menuturkan, “Kerjasama ini dijalin dengan tujuan untuk pengembangan kompetensi SDM. Kami siap memfasilitasi Untag Surabaya dengan berbagai pelatihan yang kami sediakan.” Dia menambahkan, “Menyambut kebijakan Kampus Merdeka, kami akan menyediakan program magang di industri. Tidak hanya magang, mahasiswa juga bisa berwirausaha itu akan kami fasilitasi.” Pihaknya berharap, setelah mahasiswa lulus dapat terserap di dunia kerja. “Hal tersebut dapat dicapai dengan sinergitas antara KADIN Jawa Timur dengan kerjasama berbagai universitas termasuk Untag Surabaya,” tutup Nurul. (um)

Sumber : www.untag-sby.ac.id


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya E-Jurnal Untag Surabaya