Home

LPPM UNTAG Surabaya Melakukan Monev Penelitian dan Pengabdian Mandiri Tahun 2017

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNTAG Surabaya melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) kepada 20 dosen yang melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Monev bertempat di Gedung Pascasarjana lantai 2, Kamis (16/11/2017).

Wakil Ketua LPPM UNTAG Surabaya Harjo Seputro, ST.,MT saat ditemui warta17agustus usai kegiatan Monev menyebutkan bahwa total dosen yang melakukan  penelitian dan pengabdian mandiri tahun 2017 sebanyak 20 dosen. Untuk dosen yang melakukan penelitian berjumlah 14, sedangkan yang melakukan pengabdian masyarakat sebanyak 6 dosen.

“Ini adalah kegiatan penelitian dan pengabdian mandiri, yang artinya dana berasal dari universitas. Program ini diperuntukan bagi dosen yang belum memiliki jabatan fungsional. Harapannya memang luaran dari penelitian dan pengabdian mandiri tersebut bisa membantu dosen untuk mengurus jabatan fungsional,” katanya.

Lebih lanjut dosen Teknik Mesin ini menjelaskan bahwa program penelitian dan pengabdian mandiri sudah diselenggarakan oleh universitas sejak tahun 2014. Sementara untuk teknis pembuatan proposal dan mekanisme pertanggungjawabannya disesuai dengan peraturan Dikti.

“Agar dosen nantinya tidak kaget ketika melakukan penelitian dan pengabdian yang didanai oleh Dikti. Dalam proses pembuatan proposalnya pun pihak LPPM membuka diri, mendampingi. Sedangkan Monev ini merupakan salah satu wujud kontrolnya,” tambah Harjo.

Menurut dia, program penelitian dan pengabdian mandiri yang diselenggarakan oleh LPPM selaras dengan kebijakan universitas, yang mewajibkan setiap dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian minimal setahun satu kali.

“Hasil akhir yang diharapkan dari program ini selain untuk membantu dosen dalam mengurus kepangkatan, juga agar dosen memiliki road map penelitian dan pengabdian. Hasil dari Monev ada yang sudah sesuai dengan luaran wajibnya, yakni publikasi jurnal nasional ber-ISSN. Bagi yang belum terus kami dorong dan bantu untuk merealisasikannya,” tutup Harjo.

Adapun pemonev penelitian dan pengabdian masyarakat kali ini adalah Harjo Seputro, ST.,MT dan Wakil Rektor II UNTAG Surabaya Dr. Abdul Halik, MM.

 

 

Sumber Berita: warta17agustus.com


https://warta17agustus.com/berita-lppm-untag-surabaya-melakukan-monev-penelitian-dan-pengabdian-mandiri-tahun-2017.html

Search

LINK

 

 Jurnal Untag Surabaya

Proquest Jurnal

EBSCO Jurnal

CENGAGE Jurnal

Jurnal GARUDA